-->
IKLAN PANJANG ATAS WRAPPER

Merekondisi Baterai Laptop



Selamat datang Anda yang telah bersedia membuka blog ini, Semoga Anda diberikan kesehatan dan kesuksesan selalu.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan turtorial rekondisi baterai laptop yang rusak, mungkin saja agan disana juga memiliki masalah yang sama jadi saya harap artikel ini bisa bermanfaat bagi agan


Disini baterai yang saya gunakan adalah baterai dari laptop Hp 14 Notebook PC berikut adalah bentuk fisik dari baterai tersebut



Pertama bongkar baterai laptop terlebih dahulu, saya membongkar baterai saya dengan cara menuangkan minyak kayu putih pada sela - sela bagian yang dapat dibuka, kemudian saya menunggu  selama 5 menit menunggu cairan minyak kayu putih masuk kedalam sela - sela bagian yang dibuka, setelah 5 menit itu selesai saya menggenggam baterai kemudian saya tekan(tidak terlalu kuat) seraya saya memutar kedua telapak tangan saya berlawanan agar lem dalam sela – sela terbuka(maaf tidak ada video)
Berikut adalah isi dari baterai laptop’nya


Pada gambar diatas baterai laptop mempunyai 4 cell yang disambung seri, dan tiap baterai memiliki tegangan 3,7Volt jika dalam keadaan penuh


PENGUKURAN

Selanjutnya adalah melakukan pengukuran tegangan, disini saya menggunakan avometer, berikut adalah tabel hasil pengukuran tegangan


Dan ini adalah video dari pengukuran yang sudah saya lakukan


Dan Status baterai adalah charge namun untuk baterai nomer 2 mengalami zero volt


Lalu selanjutnya saya melakukan pengukuran hambatan yang ada pada tiap cell baterai, berikut adalah tabel hasil pengukuran hambatan



Dan berikut adalah video dari pengukuran hambatan yang saya lakukan



Dan seperti yang telah dilihat baterai nomer 2 memiliki hambatan yang sangat kecil sekali bahkan mendekati angka 0


RECHARGE
Kemudian setelah melakukan pengukuran tegangan dan hambatan tiap cell baterai laptop saya akan melakukan recharge atau mengisi ulang daya cell baterai untuk mengetahui apakah cell baterai masih bisa menyimpan daya atau tidak

Berikut adalah grafik pengisian cell setiap 20 Menit

Baterai pertama


Text Box:                           Tegangan(Volt)












Masukkan kedalam tabel















Baterai ketiga













 
Masukkan kedalam tabel

















Baterai keempat














Masukkan kedalam tabel


Semua baterai normal kecuali baterai nomer 2 yang mengalami zero volt


PENYUNTIKAN TEGANGAN (SHOCK)

Sekarang langkah selanjutnya adalah melakukan shock atau pemberian tegangan kejut agar tegangan dapat mencapai titik maksimum dan kembali normal menggunakan trafo 2A dan tegangan output trafo 6V AC dan setelah melalui rangkaian penyearah maka didapat output dari adaptor adalah 8V DC. Berikut adalah video dari penyuntikan tegangan yang telah saya lakukan

  
Demikianlah laporan serta turtorial rekondisi baterai laptop, semoga ini bisa membantu agan yang sedang membaca artikel ini.
Jika ada saran atau masukan tolong cantumkan di kolom komentar
Terimah kasih telah berkunjung ‘-‘)/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

HPK TARUH DISINI

Iklan Bawah Artikel