-->
IKLAN PANJANG ATAS WRAPPER

MAGNETIK TIPE


MAGNETIC TAPE

PENGERTIAN MAGNETIC TAPE
Magnetic tape adalah model pertama dari secondary memory.
Magnetic tipe merupakan data untuk berkas besar yang diakses dan diproses secara sequensial (bekerja sesuai urutan waktu). Tape ini juga dipake untuk alat input/output dimana informasi dimasukan ke CPU dari tipe dan informasi diambil dari CPU lalu disimpan pada tipe lainnya.
Pita magnetic adalah media untuk perekam magnetic, terbuat dari lapisan tipis yang dapat magnet pada lembaran film plastik yang panjang dan sempit. Ini dikembangkan di Jerman pada tahun 1928, berdasarkan rekaman kawat magnetic. Perangakat yang merekam dan memutar audio dan video menggunakan pita magnetic adalah tipe recorder dan perekan video tipe masing-masing. 
Panjang tipe pada umumnya 2400 feet, lebarnya 0,5 inch dan tebal 2 mm. data disimpan dalam bintik kecil yang bermagnit dan tidak tampak pada bahan plastik yang dilapisi ferroksida.flexsibel plastiknya disebut mylar. Mekanisme aksesnya adalah tipe driver. Memori perangkat yang terdiri dari panjang tipis dilapisi plastik strip dengan oksida besi, digunakan untuk merekan audio atau video atau sinyal computer untuk menyimpan informasi , yang ikut bersama belasan kaset untuk merekam wawancara.




Sejarah Magnetic Tipe
Magnetic tipe pertama kali dipatenkan oleh insinyiur jerman Fritz Pfleumer pada tahun 1928, berdasarkan penemuan kawat magnetic oleh Valdemar Poulsen pada tahun 1898.
Sejarah awal pita magnetic berawal dari pembuatan media rekam pada saat perang dunia II, ketika itu para insinyiur di Jerman menciptakan sebuah alat yang disebut sebagai magneticophone unruk merekam suara. Insinyiur di Inggris meningkatkan kualitas alat tersebut yang membuat mesin portable.
Pada tahun 1950-an magnetic tipe telah digunakan pertama kali oleh IBM untuk menyimpan data. Saat sebuah rol magnetic tipe dapat menyimpan data setara dengan 10.000 punch card, membuat mmagnetik tipe sangat populer sebagai cara menyimpan data komputer hingga pertengahan tahun 1980-an.

Fungsi Magnetic Tape
Fungsi magnetic tipe yaitu:
a.       Untuk media penyimpanan
b.      Untuk alat input/output
c.       Untuk merekam audio, video atau sinyal

Cara Kerja Magnetic Tape
Data digital pada pita magnetic direkam dengan media tipe recorder secara berurutan menggunakn driver khusus untuk masing-masing jenis pita magnetic sebagai titik –titik magnetisasi pada lapisan peroksida. Data direkam secara digit pada media tape sebagai titik-titik magnetisasi pada lapisan ferroksida. Magnetisasi positif menyatakan 1 bit, sedangkan magnetisasi negatif menyatakan 0 bit atau sebaliknya.
Karena perekam dilakukan secara sekuensial, maka untuk mangakses data yang kebetulan terletak di tengah, driver harus memutar gulungan pita, hingga  head mencapai tempat data tersebut. Hal ini membutuhkan waktu relatif lama. Meskipun demikian, teknologi pita magnetic masih banyak digunakan sebagai media backup data atau pengarsipan. Hal dikarenakan media ini memiliki kapasitas yang besar. Secara garis besar, pita magnetic dibedakn menjadi reel tipe dan tipe catridge.

Proses Penyimpanan
Pada proses penyimpanan dan pembacaan data, kepala pita (tipe head) harus menyentuh media, sehingga dapat mempercepat kinerja pita. Data pada pita magnetic direkam secara berurutan dengan menggunakan driver khusus untuk masing-masing jenis pita magnetic
Karena perekam dilakukan secara bersamaan maka untuk mengakses data yang kebetulan terletak di tengah, driver terpaksa harus memutar gulungan pita, hingga head mencapai tempat data tersebut. Hal ini membutuhkan waktu yang relatif lebih lama.

Sistem Block pada Magnetik Tape
Data yang dibaca atau tulis ke tipe dalam suatu grup karakter disebut block. Suatu block adalah jumlah terkecil dari data yang dapat ditransfer antara secondary memory dan primary memory pada saat akses. Sebuah block dapat terdiri dari satu atau lebih record. Sebuah block dapat merupakan physical record.
 Diantara 2 block terdapat ruang yang kita sebut sebagai GAP(inter block gap).

Keuntungan Penggunaan Magnetic Tipe
Keuntungan menggunakan magnetic tipe adalah antra lain sebagai berikut:
a.       Panjang pita yang ukurannya 600,800 m bahkan lebih, memungkinkan panjang  record (durasi)  tidak terbatas
b.      Density data tinggi
c.       Volume penyimpanan data besar dan harganya murah
d.      Kecepatan transfer data tinggi
e.       Sangat efisiensi bila semua atau kebanyakan record dari sebuah tipe file memerlukan pemrosesan seluruhnya

Keterbatasan Magnetic Tipe
a.       Akses langsung terhadap record lambat
b.      Masalah lingkungan
c.       Memarlukan penafsiran terhadap mesin
d.      Proses harus sequential




Jenis-Jenis Magnetic Tipe
Jenis-jenis magnetic tipe sebagai berikut:
a.       Reel to Reel Tape
Merupakan bentuk magnetic tipe tertua. Alat ini mempunyai ukuran lebar 0,5 inci dan panjangnya mencapai 2.400 kaki. Jika 1 kaki 12 inci, maka 2.400 kaki berarti 28.800 inci, bisa di bayangkan panjangnya seperti apa. Biasanya mempunyai tingkat kerapatan hingga 6.250 bit per inci. Setiap reel pita magnetic terdapat dua daerah yang tidak digunakn untuk merekam data yang di sebut sebagai leader.
b.      Catrige Tape
Dibuat untuk menyimpan hasil dan suatu backup dan file ke diks. Banyak digunakan untuk komputer mini. Untuk menggunakan dibutuhkan catrige tape unit.
c.       Cassette Tipe
Banyak digunakan di komputer mickro. Selain untuk merekam lagu cassette tape digunakan untuk merekam sinyal berbentuk bilangan biner. Suatu teknik untuk mewakili bilangan biner di cassette tape disebut dengan FSK (Urequency Shift Keying). Untuk menggunakannya dibutuhkan tape recorder biasa.










NAMA : Jeferidus Beda
NIM     : 16220009



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

HPK TARUH DISINI

Iklan Bawah Artikel