-->
IKLAN PANJANG ATAS WRAPPER

Semi konduktor dalam kehidupan sehari-hari


 Semikonduktor adalah sebuah bahan dengan konduktivitas listrik yang berada di antara insulator (isolator) dan konduktor. Semikonduktor disebut juga sebagai bahan setengah penghantar listrik. Suatu semikonduktor bersifat sebagai insulator jika tidak diberi arus listrik dengan cara dan besaran arus tertentu, namun pada temperatur, arus tertentu, tatacara tertentu dan persyaratan kerja semikonduktor berfungsi sebagai konduktor, misal sebagai penguat arus, penguat tegangan dan penguat daya. Untuk menggunakan suatu semikonduktor supaya bisa berfungsi harus tahu spesifikasi dan karakter semikonduktor itu, jika tidak memenuhi syarat operasinya maka akan tidak berfungsi dan rusak. Bahan semikonduktor yang sering digunakan adalah silikon, germanium, dan gallium arsenide.

Semikonduktor sangat berguna dalam bidang elektronik, karena konduktansinya yang dapat diubah-ubah dengan menyuntikkan materi lain (biasa disebut pendonor elektron).
Untuk informasi bagaimana semikonduktor digunakan sebagai alat elektronik, lihat alat semikonduktor.
Teknik pengukuran energi celah dalam semikonduktor dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu teknik penyerapan langsung dan teknik penyerapan tak langsung.
  1. Teknik Penyerapan Langsung: Pada teknik ini, semikonduktor dijatuhi foton monokromatik dengan energy mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar sedemikian rupa sehingga terjadi penyerapan foton oleh semikonduktor dan menghasilkan partikel berupa foton.
  2. Teknik Penyerapan Tak Langsung: Pada teknik ini, prinsipnya sama dengan teknik penyerapan langsung, namun menghasilkan 3 partikel, yaitu elektron konduksi, hole, dan fonon.
Dalam semikonduktor akan dihasilkan salah satu partikel yang bernama hole. Hole ini dianggap sebagai partikel yang bermuatan positif dengan alasan:
  • Jumlah energi vektor gelombang elektron dalam pita valensi yang terisi penuh elektron adalah nol.
  • Energi hole di pita valensi sama besar dan berlawanan tanda dengan energi elektron di pita konduksi.
  • Kecepatan grup hole sama dengan kecepatan grup elektron.
  • Massa efektif hole sama besar dan berlawanan tanda dengan massa efektif elektron.
  • Persamaan gerak untuk hole berlawanan tanda dengan persamaan gerak elektron.
Penerapan Semikonduktor dalam Kehidupan Sehari-Hari
1. Transistor
Transistor digunakan sebagai alat penguat, pemotong,stabilisasi tegangan, modulasi sinyal, dan fungsi-fungsi lainnya.

2. Dioda
Dioda berfungsi sebagai alat yang yang mengijinkan arus listrik mengalir ke satu arah saja dan menghalangi aliran kea rah yang berlawanan..

3. Sel Surya
Sel surya merupakan alat semikonduktoryang terdiri dari sebuah wilayah besar diode p-m junction sehingga bisa mengkonversi energi dari cahaya matahari menjadi energi listrik.

4. Mikroprosesor
Mikroprosesor terbuat dari transistor mini dan sirkuit lainnya ai atas sebuah sirkuit yang terintegrasi dalam semikonduktor.


Sumber :id.m.wikipedia.org/wiki/Semikonduktor


Sumber : ramliyana-fisika.blogspot.com








Dyah Ayu Rara Kusuma Maghfiroh

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

HPK TARUH DISINI

Iklan Bawah Artikel