-->
IKLAN PANJANG ATAS WRAPPER



ISOLATOR SALURAN TRANSMISI HANTARAN UDARA

1. PENGERTIAN ISOLATOR SECARA UMUM

Rakhmad Rafi
Isolator adalah bahan yang tidak bisa atau sulit melakukan perpindahan muatan listrik. Dalam bahan isolator valensi elektronnya terikat kuat pada atom-atomnya. Bahan-bahan ini dipergunakan dalam alat-alat elektronika sebagai isolator, atau penghambat mengalirnya arus listrik. Isolator berguna pula sebagai penopang beban atau pemisah antara konduktor tanpa membuat adanya arus mengalir ke luar atau atara konduktor. Istilah ini juga dipergunakan untuk menamai alat yang digunakan untuk menyangga kabel transmisi listrik pada tiang listrik.


2. SYARAT - SYARAT YANG HARUS DIMILIKI ISOLATOR

  • Memiliki kekuatan dielektrik yang tinggi.
  • Mempunyai nilai resistivitas yang tinggi untuk memperkecil arus bocor yang terjadi.
  • Tidak mudah keropos dan tahan terhadap masuknya gas-gas ataupun  cairan-cairan ke dalam   bahan isolator.
  • Tidak dipengaruhi oleh perubahan suhu

3. BAHAN BAHAN ISOLATOR




  1. Bahan Porselen

    berasal dari tanah liat yang mengandung aluminium silikat, kemudian aluminium silikat ini direaksikan dengan plastik kaolin, felspar, kwarsa dan campuran ini dipanaskan pada tempat pembakaran dengan suhu yang diatur. Komposisi bahan bakunya adalah: 50% tanah liat, 25% felspar, 25% kwarsa. Secara mekanis isolator porselen  memiliki kekuatan dielektrik ± 60.000 V/cm, tekanan dan kuat regangannya adalah 70.000 kg/cm2 dan 500 kg/cm2.Rakhmad Rafi
  2. Isolator Gelas
    Gelas diproduksi dengan proses penguatan yaitu dipanaskan dulu lalu didinginkan. Isolator yang terbuat dari bahan gelas  ini memiliki beberapa

    keuntungan sebagai berikut :
    - Kekuatan dielektriknya tinggi kira-kira 140 kV/cm
    - Dengan pemanasan yang tepat akan diperoleh resistivitas yang tinggi.
    - Koefisien muai panasnya rendah.
    - Karena kekuatan dielektriknya tinggi, maka isolator gelas memiliki bentuk yang    lebih sederhana dan bahkan dapat digunakan satu lapis sebagai bahan isolator.
    - Bersifat transparan (lebih jelas dibandingkan porselen), sehingga sedikit cacat,    ketakmurnian gelembung udara, retak-retak, kotoran-kotoran yang lain dapat        dideteksi dengan mudah dan bersifat homogen.
    - Daya rentanganya lebih besar dari porselen.
    - Lebih murah dari pada porselen

    Kelemahan dari isolator gelas antara lain :
    - Uap-uap air mudah mengembun di sepanjang permukaan isolator, sehingga hal ini dapat menyebabkan penumpukan kotoran-kotoran  pada permukaan isolator dan mempercepat terjadinya arus bocor.

    - Pada tegangan yang lebih tinggi, gelas tidak dapat dituang (casting) dalam bentuk atau model yang tidak beraturan, karena pendingin yang tidak teratur akan menyebabkan terjadinya kegentingan-kegentingan didalam isolator dan keadaan ini dapat mempercepat terjadinya arus bocor.


    Rakhmad Rafi
  3. Isolator Steatite
    Steatite adalah magnesium silikat dan dijumpai pada berbagai bagian dari oksida magnesium dengan silikat. Daya rentang dari isolator steatite jauh lebih besar dibandingkan dengan isolator porselen, dan dapat menguntungkan jika digunakan  pada keadaan dimana isolator mengalami regangan sempurna misalnya ketika jaringan saluran transmisi mengalami belokan tajam.

4. KLASIFIKASI ISOLATOR TRANSMISI HANTARAN UDARA

Isolator transmisi hantaran udara diklasifikasi menurut penggunaan dan konstruksinya  menjadi isolator gantung (suspension), jenis pasak (pin-type), jenis batang panjang (long-rod) dan jenis pos-saluran (line post). Gandengan isolator gantung pada umumnya dipakai pada saluran transmisi tegangan tinggi, sedang isolator batang panjang dipakai ditempat-tempat dimana pengotoran udara karena garam dan debu banyak terjadi. Kedua jenis yang lain dapat dipakai pada saluran transmisi yang relatip rendah (kurang dari 22-33 kV).
Pada isolator gantung dikenal dua jenis, yakni clevis type dan ball-and-socket type, yang masing-masing terbuat dari porselen dengan tutup (cap) dari besi tempaan (malleable iron), yang keduanya diikatkan pada porselennya dengan semen berkualitas baik.
Rakhmad Rafi
Keuntungan-keuntungan dari isolator gantung :
1. Setiap unit dirancang untuk tegangan 11 kV sehingga dengan menghubungkan beberapa buah isolator secara seri, maka sederetan isolator tersebut dapat digunakan untuk setiap tegangan yang diinginkan.
2. Bila didalam deretan isolator yang telah dihubungkan tersebut salah satu isolator rusak, maka proses penggantiannya lebih mudah dan harganya relatif lebih murah.
3. Tekanan mekanis pada rangkaian isolator akan berkurang karena tempat pengikat kawat penghantarnya fleksibel.
4. Apabila deretan isolator tersebut digantungkan pada menara yang terbuat dari baja maka konduktor tegangan tinggi hanya sedikit berpengaruh terhadap sambaran kilat, karena penghantar kawat tersebut posisinya lebih rendah dari pada lengan menara yang ditanahkan dan mempunyai sifat sebagai penangkal petir.
5. Jika beban yang diberikan pada transmisi bertambah, maka potensial jaringan yang ada dapat diperbesar lagi dengan menambahkan sejumlah deretan atau rangkaian isolator.
Isolator jenis pasak dan jenis pos-saluran terbuat dari porselen, yang bagian bawahnya diberi tutup (thimble, cap) besi cor yang disemenkan pada porselen serta pasak baja yang disekrupkan padanya. Karena jenis ini dipakai secara sendirian (tidak dalam gandengan) serta kekuatan mekanisnya rendah, maka tidak dibuat dalam ukuran-ukuran yang besar.
Rakhmad Rafi
Jenis batang-panjang mempunyai sedikit bagian logam sehingga tidak mudah menjadi rusak. Oleh karena rusuknya yang sederhana maka ia mudah tercuci oleh hujan, sehingga jenis ini sesuai sekali untuk penggunaan pada tempat-tempat yang banyak dikotori garam dan debu


Sumber : 
id.wikipedia.org
modalholong.wordpress.com



Rakhmad Rafi


Rakhmad Rafi

Jl. Seruni no. 17 Watugede, Singosari, Malang, Jawa Timur, Indonesia - (0838 7203 1472)

Mahasiswa Universitas Gajayana Malang 
( UNIGA )

Pekerjaaan saat ini : 
PT. PIT Elektrinik ( PT. Shadana Ekapraya Amintra, Group )

Pengalaman Pekerjaan :
PT. Tesco Indomaritim

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

HPK TARUH DISINI

Iklan Bawah Artikel