-->
IKLAN PANJANG ATAS WRAPPER

Magnet dan Manusia



A.PENGERTIAN MAGNET

Magnet atau magnit adalah suatu objek yang mempunyai suatu medan magnet. Kata magnet (magnit) berasal dari bahasa Yunani magnítis líthos yang berarti batu Magnesian. Magnesia adalah nama sebuah wilayah di Yunani pada masa lalu yang kini bernama Manisa (sekarang berada di wilayah Turki) di mana terkandung batu magnet yang ditemukan sejak zaman dulu di wilayah tersebut.
Pada saat ini, suatu magnet adalah suatu materi yang mempunyai suatu medan magnet. Materi tersebut bisa dalam berwujud magnet tetap atau magnet tidak tetap. Magnet yang sekarang ini ada hampir semuanya adalah magnet buatan.
Magnet selalu memiliki dua kutub yaitu: kutub utara (north/ N) dan kutub selatan (south/S). Walaupun magnet itu dipotong-potong, potongan magnet kecil tersebut akan tetap memiliki dua kutub.
Magnet dapat menarik benda lain. Beberapa benda bahkan tertarik lebih kuat dari yang lain, yaitu bahan logam. Namun tidak semua logam mempunyai daya tarik yang sama terhadap magnet. Besi dan baja adalah dua contoh materi yang mempunyai daya tarik yang tinggi oleh magnet. Sedangkan oksigen cair adalah contoh materi yang mempunyai daya tarik yang rendah oleh magnet.
Satuan intensitas magnet menurut sistem metrik pada Satuan Internasional (SI) adalah Tesla dan SI unit untuk total fluks magnetik adalah weber. 1 weber/m^2 = 1 tesla, yang memengaruhi satu meter persegi.

B.SIFAT-SIFAT MAGNET

A.Dapat Menarik Benda

Yang pertama adalah magnet itu bisa menarik benda lain yang ada disekitarnya, dengan catatan benda lain tersebut terbuat dari logam, namun memang tidak semua benda yang terbuat dari logam itu bisa ditarik oleh magnet, bahan-bahan logam yang bisa dengan mudah ditarik oleh magnet itu adalah baja dan juga besi, seperti paku, obeng dll

B.Memiliki Dua Buah Kutub

Dan yang kedua adalah magnet itu memiliki 2 buah kutub, yaitu kutub utara dan juga kutub selatan dimana jika ada 2 buah magnet yang dipertemukan dan ternyata kutubnya sama maka magnet akan tolak menolak, dan sebaliknya jika kedua kutub berbeda maka akan tarik-menarik

C.Sifat Magnet Bisa Menghilang

Magnet sendiri juga bisa hilang sifat kemagnetannya jika ada hal tertentu yang membuatnya hilang, seperti magnet tersebut terbakar atau juga sering sekali terjatuh, maka secara langsung magnet akan melemah dan menghilang secara bertahap

D.Jika Kutub Magnet Sama akan Menolak Dan jika Kutub Tidak Akan Menarik

Seperti yang sudah dijelaskan di sifat-sifat magnet sebelumnya kalau jika ada 2 buah magnet yang memiliki kutub yang sama didekatkan maka akan menolak, dan jika anda kutub magnet yang berbeda didekatkan maka akan langsung menarik dengan kuat

E.Medan Magnet Membuat Gaya Magnet

Perlu anda ketahui kalau gaya magnet itu sebenarnya tidak cuma kutubnya saja, namun gaya magnet juga bisa ada di sekitar magnet itu sendiri, pada daerah yang ada di sekitar magnet juga memiliki gaya magnet yang biasanya disebut sebagai medan magnet

C.ISU TENTANG MAGNET


Jadi Sifat-Sifat Magnet diatas ini memang bisa ditemui di semua magnet yang ada di sekitar kita, baik yang ada pada tas sebagai alat bantu penguncian tas ataupun di benda-benda lain yang menggunakan magnet sebagai pelengkap atau bahan utamanya, tidak bisa dipungkiri memang sekarang ini magnet menjadi salah satu benda yang berperan penting dalam perkembangan teknologi yang ada di dunia ini.
Belakangan ini Magnet seringkali disebut-sebut bisa membahayakan perangkat smartphone, terutama layarnya jika terlalu sering berdekatan dengannya. Padahal, banyak aksesoris smartphone yang menggunakan bahan magnet, seperti wadah atau pegangan dalam mobil. Namun benarkah informasi tersebut? "Kebanyakan magnet yang Anda temui saat ini, termasuk yang paling kuat sekalipun yang ada di pasar, tidak akan memberikan efek kepada smartphone," ujar Matt Newby dari first4magnets.com. "Itu hanya berlaku untuk peralatan elektronik kuno saja, seperti monitor atau televisi CRT yang rentan terhadap induksi magnet," imbuh Matt. Dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Senin (1/6/2015), kebanyakan televisi modern dan layar smartphone yang beredar saat ini bebas dari pengaruh magnet. Matt menjelaskan, saat mendekatkan magnet ke perangkat elektronik lawas, gambar di layar bisa terdistorsi akibat medan magnet, namun teknologi yang ada saat ini sudah bisa mengatasinya. Kebanyakan alat elektronik modern, seperti smartphone, tidak akan terdampak oleh medan magnet. Bahkan di dalam smartphone sendiri sebenarnya terdapat komponen yang menggunakan magnet, seperti kompas digital atau magnetometer. Satu-satunya efek yang bisa ditimbulkan oleh magnet terhadap peranti smartphone adalah kompas yang bekerja tidak akurat. "Magnet akan memengaruhi sensor magnetik yang ada dalam smartphone, jika komponen smartphone tertarik oleh magnet, maka kalibrasi kompas akan susah," ujar teknisi K&J bernama Michael Paul. Aplikasi kompas ini biasanya digunakan oleh aplikasi pemetaan, seperti Google Maps di smartphone untuk mengidentifikasi ke arah mana pengguna sedang menuju. Selain itu, beberapa game juga ada yang memanfaatkan kompas untuk rujukan orientas
10 pemanfaatan magnet dalam kehidupan sehari –hari
1. Jarum kompas adalah dari magnet permanen.
2. Pintu kulkas memiliki magnet permanen agar selalu tertutup. Magnet di lemari es memastikan pintu lemari es kedap udara, dengan itu menghindari pemborosan energi. Merapatkan Dua Benda sehingga pintu lemari es dapat menutup dengan kuat dan rapat? Hal tersebut dikarenakan di sekeliling sisi pintu lemari es terdapat magnet. Sebuah magnet yang panjang diletakkan di dalam karet sepanjang pintu lemari es. Lemari es terbuat dari baja, jadi magnet akan membuat pintu lemari es menutup dengan rapat ketika kamu menutupnya. Pintu lemari es yang tertutup rapat dapat menjaga suhu di dalam tetap dingin sehingga makanan dan minuman di dalamnya tetap segar.
3. kartu atm.jpgKartu ATM dan kartu kredit memiliki jalur magnet yang berisi informasi. Kartu kredit, kartu debit, dan kartu ATM. Semua kartu ini memiliki jalur bermagnet pada sisi-sisnya. Jalur ini mengandung informasi yang dibutuhkan untuk menghubungi institusi keuangan pribadi dan menghubungkan dengan rekening bank
4. TV dan monitor komputer menggunakan elektromagnetik untuk menghasilkan gambar.
5.BI_retro30_front.pngMikrofon dan speaker menggunakan kombinasi magnet permanen dan elektromagnetik. Loudspeaker merupakan kombinasi magnet permanen dan elektromagnetik. Loudspeaker pada dasarnya perangkat yang mengkonversi energi listrik (sinyal) ke energi mekanik (suara). Elektromagnetik membawa sinyal, yang menghasilkan perubahan bidang megnet dan menarik bidang yang ada pada magnet permanen. Pergerakan penarikan dan penolakan menggerakkan kon, yang menghasilkan suara. Kebanyakan speaker tergantung kepada teknologi ini, tetapi ada juga yang menggunakan konsep yang berbeda.Mikrophon memiliki kon atau selaput yang terlekat pada gelongan kabel. Gelung itu terletak dalam megnet berbentuk khusus. Bila suara mengegarkan selaput maka gelung itu turut bergetar dan menghasilkan voltage saat ia melalui medan magnet. Voltage dalam kabel ini adalah sinyal listrik yang mewakili suara asal.
6.Media rekaman magnetik: Tape VHS biasa mengandung golongan tape bermagnet. Informasi yan memproduksi video dan suara dikodekan pada lapisan bermagnet pada tape.
7.  Kaset audio kompak mengandung magnet untuk menghasilkan audio.
8. Motor listrik dan generator: Motor listrik (seperti speaker) tergantung pada kombinasi eletromagnet dan magnet permanen, dan seperti speaker, mengganti energi listrik ke energi mekanis. Generator bertindak merubah energi mekanis ke energi listrik.
9. Transformer / trafo : Transformator merupakan perangkat yang mengkonversi energi listrik antara dua perangkat yang terpisah mengngunakan listrik melalui konektor magnet.

10. Ujung obeng, Ujung obeng dibuat bermagnet agar sekrup yang akan dipasangkan menempel pada ujung obeng sehingga mudah memasang baut

Dampak medan magnet bagi tubuh manusia
ilustrasi
KANALSATU - Dunia ini dikelilingi oleh medan magnet yang dihasilkan oleh bumi, badai Matahari, perubahan cuaca, dan perangkat listrik sehari-hari.
Baru-baru ini, para ilmuwan telah menemukan bahwa medan magnet eksternal dapat memengaruhi tubuh baik secara positif maupun negatif, dan pengamatan klinis ini telah serius membuka wawasan kita.

Medan magnet positif
Contoh medan magnet positif yang dialami orang sehari-hari yakni meliputi televisi, komputer, ponsel, jam alarm, motor, peralatan kantor, kabel listrik, oven microwave, selimut listrik, saluran listrik, radio dan menara ponsel , lampu neon, meter cerdas, dan Wi- Fi.
Frekuensi di mana pulsa medan magnet menentukan apakah berbahaya atau tidak. Misalnya, frekuensi arus listrik yang digunakan rumah tangga di Amerika Serikat adalah 60 siklus per detik, atau hertz (HZ). Sebaliknya, frekuensi normal otak manusia selama bangun berkisar 8 sampai 22 Hz, sedangkan dalam tidur mereka bisa drop ke tingkat 2 Hz. Semakin tinggi frekuensi yang ada dalam arus listrik buatan dapat mengganggu frekuensi resonan alami otak dan dalam waktu tertentu menyebabkan kelelahan seluler.
Efek fisiologis dari medan magnet positif di antaranya:

• Produksi asam
• Defisiensi oksigen
• Edema seluler
• Eksaserbasi gejala yang ada
• Percepatan replikasi mikroorganisme dan infeksi
• disorganisasi biologis
• Peningkatan rasa sakit dan peradangan
• Efek pada terjaga dan tindakan
• Produksi hormon katabolik
• Produk akhir beracun dari metabolisme
• Radikal bebas
• aktivitas listrik otak melesat

Kekuatan dan kedekatan medan magnet positif pada medan energi Anda sangat penting, dan sumber harus diselidiki dengan meteran Gauss untuk mengetahui frekuensi mereka. Selain itu, memahami bagaimana "menetralisir" medan magnet positif ini menjadi sangat penting.

Medan magnet positif dikaitkan dengan penyakit kanker, depresi, kelainan kromosom, peradangan, dan kesulitan belajar.

 Medan magnet negative
Contoh medan magnet negatif yang dialami orang sehari-hari di antaranya termasuk material alam (tanah, batu, garam), air (laut, danau, sungai), dan tanaman.

Efek fisiologis dari medan magnet negatif di antaranya:

• Normalisasi pH
• Oksigenasi
• Resolusi edema seluler
• Mengurangi gejala
• Penghambatan replikasi mikroorganisme dan infeksi
• Normalisasi biologis
• Mengurangi nyeri dan peradangan
• Peningkatan istirahat, relaksasi, dan tidur
• Hormon anabolik produksi melatonin dan hormon pertumbuhan
• Penghapusan racun metabolis yang diproduksi
• Penghapusan radikal bebas
• Memperlambat aktivitas listrik otak

Agar mendapatkan manfaat kesehatan yang besar dari medan magnet negatif, seseorang harus menempatkan kulitnya untuk bersentuhan secara langsung dengan rumput, tanah, pasir, atau air. Kegagalan itu, kita harus melihat ke teknologi grounding tersedia.

Terapi medan magnet negatif telah digunakan secara efektif dalam pengobatan kondisi penyakit di bawah ini:

• Kanker
• Rheumatoid arthritis
• Infeksi dan inflamasi
• Sakit kepala dan migrain
• Insomnia dan gangguan tidur lainnya
• Masalah sirkulasi
• Fraktur dan rasa sakit
• stres lingkungan

Memahami sumber frekuensi magnetik negatif dan positif, serta bagaimana untuk menghindari dan menggunakannya secara efektif merupakan sebuah komponen kunci bagi rencana kesehatan secara keseluruhan. Mengidentifikasi pelanggar terburuk dan menghindarinya sebanyak mungkin, serta tetap mengadakan kontak dengan bumi untuk melepaskannya secara tepat. (ept/win3)

Demikian sedikit ulasan dan referensi tentang magnet yang dapat saya susun dan saya jabarkan dari beberapa bacaan baik itu dari media massa,buku dan di dalam jenjang pendidikan(sekolah).Sekian dan terimakasih.


Nama: Soraya Muhammad Yusuf
NIM  :19220007
Prody:Teknik Elektro

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

HPK TARUH DISINI

Iklan Bawah Artikel